Cadika City Forest Project

Kawasan Cadika Terletak di Jl. Karya wisata Kelurahan Pangkalan Mashur Kecamatan Medan Johor.  Kawasan Cadika Medan adalah sebuah kawasan dengan total luas kawasan 17 Ha, dimana lokasi ini memiliki danau alami yang masih sedikit sekali informasi tentang kawasan ini.

Kawasa Cadika adalah kawasan dengan fasilitas Camping ground yang selalu ramai pada Jum'at hingga minggu oleh anak-anak pramuka yang kemping disana.  Kawasan ini dalam perencanaan tata ruang kota Medan akan di peruntukkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan sebagai Hutan Kota.  Lokasinya cukup strategis berda dalam kawasan tidak jauh dari pusat kota Medan.

Kawasan ini cukup asri dan indah, serta memiliki potensi wisata serta memiliki potensi sebagai pusat pendidikan untuk anak-anak sekolah.  Untuk memperkenalkan lokasi ini pemerintah melakukan banyak promosi dengan membuat berbagai kegiatan yang dilaksanakan di kawasan ini.

Dalam upaya membantu pemerintah membangun tempat ini kami Komunitas Sahabat Alam dan Hutan (Friends forest and Nature) mencoba membuat program inisitif khususnya pada isu-isu lingkungan.

Sahabat Alam dan Hutan mencoba melakukan kampanye sampah di lokasi Cadika ini dengan membuat aktifitas pembersihan sampah pada setiap hari sabtu dan minggu. Kegiatan ini juga memberikan informasi dan mengkapanyekan untuk tidak mebuang sampah sembarangan khususnya di lokasi ini, mengajak para pengunjung dan para pedagang tidak lagi mengotori tempat ini agar senantiasa bersih.

Selain itu rumah pembibitan juga akan di bangun untuk menjadi pusat pelatihan dan pendidikan generasi muda dalam upaya penghijauan lokasi ini.  Bibit-bibit tersebut nantinya akan ditanam di lokasi ini untuk menciptakan suasana yang asri dan sejuk.  Sementara itu bibit pohon yang dikembangkan bukanlah tanaman eksotis melainkan tanaman lokal khususnya tanaman/tumbuhan sumatera.

Tidak hanya menanam pohon namun kami melakukan pemeliharaan terhadap pohon yang di tanam dan tanaman yang tumbuh secara alami dilokasi ini agar cepat besar.  Penanaman dilakukan pada pinggir danau dan dilokasi yang diperuntukkan sebagai lokasi hutan kota.

Selanjutnya kami juga akan melakukan kegiatan penelitian dan observasi pada lokasi ini yang dapat dijadikan bahan informasi kepada masyarakata luas, diantaranya adalah : Pengukuran dalam danau, Mendata jenis-jenis ikan ,katak ,yang hidup di danau ini.  Mendata jenis-jenis burung yang dapat di jumpai di lokasi Cadika, mendata jenis-jenis tanaman sumatra yang tumbuh di lokasi cadika, dan beberapa pengamatan lain.

Pembersihan lokasi danau serta meneliti berbagai potensi pemanfaatan lokasi ini pada masa yang akan datang diharapkan dapat menumbuhkan rasa kecintaan dan kesadaran masayarakat Medan untuk menjaga aset yang tak ternilai ini.

Anda dapat berkontribusi langsung kepada kami dengan mendukung secara tenaga dan finansial kepada kami.  Donasi anda sangat kami harapkan untuk menwujudkan tempat ini menjadi lebih baik.